Senin, 09 September 2013

TAS, DEFINISI , SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA

TAS, SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA
 
TAS saat ini sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari – hari, mulai dari ukuran yang kecil hingga berukuran sangat besar serta berbagai bentuk yang unik. Sebenarnya apakah benda yang disebut TAS tersebut ?
 
DEFINISI TAS
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tas didefinisikan sebagai kemasan atau wadah berbentuk persegi dan sebagainya. Biasanya bertali, dipakai untuk menaruh, menyimpan, atau membawa
sesuatu. (sumber: kamus besar bahasa Indonesia edisi ketiga. 2001,hal 1146).
Jadi dapat disimpulkan bahwa yang dikategorikan sebagai tas tersebut sangat banyak macamnya. Mulai dari tas plastik yang berukuran sangat kecil seperti tas untuk menyimpan perhiasan hingga tas berukuran sangat besar seperti tas ransel Carrier yang biasa digunakan para pendaki gunung.
 

SEJARAH TAS
Tas sendiri telah digunakan oleh umat manusia sejak lama. Zaman dahulu manusia mengalami kendala untuk membawa barang berukuran kecil seperti biji – bijian atau buah buahan dengan menggunakan tangan. Jika hanya menggunakan tangan jumlah yang dapat terbawa sangat sedikit sekali.  Oleh karena itu pada jaman purba manusia mengembangkan sebuah alat yang dapat membantu untuk membawa barang dalam jumlah yang banyak. Pada awalnya tas dibuat dari bahan kulit atau serat tanaman.  Dalam perkembangannya tas memiliki bahan baku yang beragam seperti tas dari bahan kertas yang dahulu digunakan oleh orang china untuk menyimpan daun teh pada jaman Dinasti Tang atau  tas plastik yang sering kita jumpai. 

tas kertas

  tas plastik

PERKEMBANGAN TAS
Tas pada saat ini memiliki berbagai tambahan yang semakin meningkatkan fungsi tas tersebut. Seperti penambahan sleting, gesper atau tali sebagai penutup tas. Juga ada tambahan tali gendongan yang ditemukan pada tas ransel, tali slempang atau tali untuk jinjingan yang biasa ditemukan di tas wanita.  Harganya pun bervariasi mulai dari yang harganya sangat murah seperti tas plastik yang sering kita peroleh saat berbelanja, hingga tas yang sangat mahal seperti tas – tas wanita yang bermerek terkenal.
tas ransel
tas wanita


sumber
http://ilmukir.wordpress,com/2008/09/17/pengertian-tas/
http://www.artikata,com/arti-304551-tas.html
http://en.wikipedia,org/wiki/Bag

3 komentar:

  1. Asslkm...Salam silaturahmi
    http://www.taswanitaindonesia.com

    BalasHapus
  2. Sangat menarik artikelnya,salam http://www.grosirtasmurah.net

    BalasHapus
  3. Thanks for sharing.. Butuh bahan kain untuk membuat tas?.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus