Senin, 23 September 2013

JENIS BAHAN BAHAN TAS

Terdapat beberapa jenis bahan - bahan tas yang beredar saat ini. Yang paling sering kita jumpai adalah bahan denier seperti bahan 300D, 600D, 420D, 840D dan 1680D. Denier sebenarnya mengacu pada perhitungan berat (gram) satu filamen / serat setiap 9000M. Perhitungan denier ini oleh bangsa Perancis dengan dasar bahwa 1 lembar filamen sutra dengan panjang 9000M memiliki berat sebesar 1 buah koin denier. Koin denier adalah mata uang yang digunakan di Perancis pada Abad Pertengahan.

Gambar Denier

Kembali kepada penggunaan nilai denier pada bahan, jika anda menjumpai bahan dengan kode "300D" berarti satu lembar filamen yang digunakan pada bahan tersebut memiliki berat sebesar 300G / 9000M.Semakin besar nilai denier nya maka akan semakin berat dan semakin tebal bahan tersebut. Semakin padat filamen yang digunakan maka akan meningkatkan kekuatan bahan.

Namun sebenarnya tidak dapat sepenuhnya hanya menilai kepada jumlah denier nya saja. Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah bahan baku filamen tersebut. Bahan baku filamen yang populer saat ini adalah Nylon dan Polyester. Nylon memiliki ciri khas warna yang mengkilap dibandingkan polyester dan memiliki kekuatan yang jauh lebih tinggi dari polyester.  Jadi bahan 420D Nylon tentu saja akan memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada 600D Polyester.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kode PVC atu PU. Bahan dengan kode PVC akan memiliki lapisan karet di bagian belakangnya sedangkan PU hanya terdiri dari bahannya saja. Lapisan karet pada bahan PVC tersebut merupakan lapisan yang tahan air (water resist).


 Gambar Denier PU
 Gambar Denier PVC

Nah jadi saat Anda akan memesan tas perlu dipertimbangkan terlebih dahulu bahan yang akan digunakan untuk tas pesanan Anda. Bahan yang digunakan tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk sekedar tas membawa brosur cukup menggunakan bahan spunbond. Namun jika anda ingin membuat tas ransel sebaiknya menggunakan bahan dinier minimal 300D.


Jika ingin melakukan pesanan tas untuk promosi, custom dan lainnya hubungi :
E-MAIL : roy.asher.vernal@gmail.com
Phone / whatasapp : 085317859656

1 komentar: